waktu merupakan hal yang sangat penting. orang sukses sangat memperhatikan dan mengatur waktu dengan benar. bukankah kita memiliki modal waktu yang sama 24 jam sehari? kalau begitu bukankah semua orang juga bisa sukses dan mengefisienkan waktunya? itu tergantung diri masing-masing, Nah, disini aku akan memberikan tips mengatur waktu dengan benar.
- Buatlah skala prioritas.
Tentu waktu 24 jam per hari rasanya tidak cukup untuk menyelesaikan tugas menumpuk dari pekerjaan yang tersisa. Skala prioritas menjadi penting untuk di susun. Ciptakan skala prioritas pekerjaan manakah yang paling penting dan harus segera diselesaikan. Juga pekerjaan manakah yang bisa dikerjakan belakangan. Semua itu bertujuan untuk melatih kamu menyelesaikan segalanya secara tepat waktu. - Jangan menunda pekerjaan, disiplinlah !
Bila bisa diselesaikan saat ini juga, kengapa harus ditunda? biasakanlah diri untuk disiplin dalam mengerjakan apapun. Ingatlah, semakin lama kamu menunda sebuah pekerjaan, maka semakin besar pula rasa malas yang kamu untuk bangun. Inilah penyebab pekerjaan Anda terus menumpuk, tanpa ada yang terselesaikan dengan tuntas. Karena itu membangun disiplin diri menjadi langkah awal bagi Anda untuk bisa sukses menjalankan manajemen waktu yang sudah direncanakan. - Bantulah dengan membuat jadwal.
Jadwal kegiatan akan membantu kamu mengingatkan segala pekerjaan yang harus diselesaikan dalam rentang waktu tertentu. Jadwal ini bisa berupa jadwal kegiatan harian dengan keterangan jenis-jenis kegiatan yang harus selesai hari itu. Dengan jadwal yang tersusun benar dan kamu ingat selalu, waktu pun bisa diatur dengan baik. - Fokuslah menuntaskan satu pekerjaan.
Untuk menghasilkan pekerjaan dengan optimal, kerjakanlah satu tugas saja dalam satu waktu. Mengerjakan lebih dari satu kegiatan dalam waktu bersamaan hanya akan membuatmu tidak fokus sehingga mempengaruhi hasil. Lebih baik kamu fokus untuk menuntaskan satu tugas terlebih dahulu, baru selanjutnya mengerjakan tugas berikutnya. Cara ini sangat membantu untuk bekerja secara efektif, sehingga semua tujuanmu dapat tercapai sesuai dengan target waktunya. - Hargailah setiap waktu yang Anda habiskan.
Setiap waktu harus dimanfaatkan dengan maksimal sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja saat jam kerja, maka gunakan tenaga dan pikiranmu untuk fokus menyelesaikan pekerjaan dan tugasmu. Begitu juga pada saat jam istirahat, hargai serta manfaatkanlah untuk refresing dan sejenak mengistirahatkan pikiran. Ini akan memulihkan pikiran dan tenaga sehingga siap kembali bekerja dengan optimal. Dengan menghargai waktu yang kamu miliki sesuai dengan porsinya, maka setiap jam yang Anda lewati akan memberikan manfaat,
0 komentar:
Posting Komentar