Manajemen Keuangan, Tujuan dan Fungsi

Minggu, 24 Agustus 2014

Manajemen Keuangan 

Nama : Umi Latifah
NIM   : 130411604492
          Kegiatan manajemen sangat diperlukan dalam kegiatan apapun, baik itu berhubungan dengan satu orang, sekelompok orang, organisasi, maupun perusahaan. Manajemen adalah kegiatan mengatur, mengendalikan, dan mengarahkan. Oleh sebab itulah kegiatan manajemen diperlukan dalam berbagai kegiatan.
       Dalam hal ini yang akan dibahas adalah pemahaman saya tentang manajemen keuangan. Manajemen keuangan merupakan suatu kegiatan mengatur keuangan, dimulai dari perencanaan, penganggaran, pencarian, pemeriksaan, pengarahan hingga penyimpanan segala dana yang masuk dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan. Perusahaan sangat memerlukan manager keuangan untuk memaksimalkan laba dari kekayaan yang ada dalam perusahaan tersebut. Suatu manajemen keuangan dikatakan baik apabila dana yang masuk dialokasikan dengan efisien dan sesuai tujuan awal perencanaannya. Sebaliknya apabila dalam suatu perusahaan tidak dapat mengelola keuangannya dengan baik atau manajemen keuangannya buruk, maka akan membawa dampak buruk bagi perusahaan itu sendiri. Manajemen keuangan yang buruk akan menimbulkan pertumbuhan ekonomi perusahaan tersebut menjadi lambat dan juga dapat merugikan banyak pihak yang bersangkutan.
       Manajemen keuangan memiliki banyak fungsi dalam mengambi berbagai keputusan dalam perusahaan, yaitu keputusan dalam pendanaan, investasi dan keputusan dalam manajemen asset. Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai pengawasan atas biaya-biaya yang keluar agar tidak melebihi biaya yang telah dianggarkan sebelumnya. Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai acuan dalam menetapkan harga, dan juga meramalkan laba yang akan datang.
       Begitu pentingnya manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan, sehingga manager keuangan harus teliti dan pandai dalam mengeloloa keuangannya agar dapat memaksimalkan perusahaan serta mencapai tujuan yang telah direcanakan. 


Referensi :

Horne, james, C. Van & Wachowicz, john M. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba 4
Weston, J. Fred & Copeland, Thomas, E. 2010. Manajemen Keuangan. Tangerang : BINARUPA AKSARA Publisher
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_keuangan 

1 komentar:

ANDRAINO ADAMS mengatakan...

mr pedro dan dana investasinya membantu saya mencapai pendanaan proyek saya dengan pengembalian 2 tingkat sebagai imbalan atas jumlah pinjaman 500,000.00 euro untuk membiayai proyek saya dan itu sangat cepat dan aman jadi saya akan menyarankan siapa pun di sini yang mencari pinjaman atau investor untuk menghubungi mr pedro di whatsapp:+1-863-231-0632 email: pedroloanss@gmail.com terima kasih.

Posting Komentar